Judul : Yunani Helenistik
link : Yunani Helenistik
Yunani Helenistik
Pada 336 SM, Alexander Agung menjadi pemimpin kerajaan Yunani Makedonia. Pada dikala dia meninggal 13 tahun kemudian, Alexander Sudah membangun sebuah kerajaan yang membentang dari Yunani sampai ke India. Kampanye pembangunan kerajaan yang singkat tetapi menyeluruh mengubah dunia: Ini menyebarkan ide-ide serta budaya Yunani dari Mediterania Timur ke Asia. Para sejarawan menyebut era ini selaku "periode Helenistik" (Kata "Helenistik" berasal dari kata Hellazein, yang berarti "berbicara bahasa Yunani atau mengidentifikasi dengan orang Yunani.") Itu berlangsung dari kematian Alexander pada 323 SM sampai 31 SM, dikala pasukan Romawi menaklukkan wilayah terakhir yang pernah dikuasai raja Makedonia.
Ekspansi Makedonia
Pada akhir periode Klasik, sekitar 360 SM, negara-kota Yunani itu lemah serta tidak teratur dari dua abad peperangan. (Pertama orang Athena bertempur dengan Persia; kemudian Spartan bertempur dengan orang Atena; kemudian Spartan serta orang Atena bertempur satu sama lain serta dengan Thebans serta Persia.) Semua pertempuran ini membuat polis-polis di Yunani lemah. Sampai nanti muncul polis yang sebelumnya tidak terduga naik ke tampuk kekuasaan Yunani: Makedonia, di bawah kekuasaan Raja Philip II yang tegas. Filipus serta orang-orang Makedonia mulai memperluas wilayah mereka ke luar. Mereka dibantu oleh sejumlah kemajuan dalam teknologi militer: ketapel jarak jauh, misalnya, bersama dengan tombak yang disebut sarissas yang panjangnya sekitar 16 kaki. Para jenderal Raja Philip juga memelopori penggunaan formasi infanteri masif serta mengintimidasi yang diketahui selaku phalanx.
Zaman Helenistik
Kekaisaran Alexander yaitu yang rapuh, tidak ditakdirkan buat bertahan lama. Setelah ia meninggal pada 323 SM, para jenderalnya (dikenal selaku Diadokhoi) membagi tanah yang ditaklukkannya di antara mereka sendiri. Segera, fragmen-fragmen dari kekaisaran Alexander agung atau biasa disebut Alexandria Sudah menjadi tiga dinasti yang kuat: Seleukia Suriah serta Persia, Ptolemaik Mesir, serta Antigonid dari Yunani serta Makedonia.
Meskipun dinasti-dinasti ini tidak bersatu secara politik - sejak kematian Aleksander, mereka tidak lagi menjadi bagian dari kekaisaran Yunani atau Makedonia - mereka memang mempunyai kesamaan yang sama. Kesamaan-persamaan inilah, “ke-Yunani-an” yang esensial dari bagian-bagian berbeda dari dunia Aleksandria – yang menurut para sejarawan merupakan Zaman Helenistik.
Negara-negara Helenis benar-benar diperintah oleh raja-raja. (Sebaliknya, negara-kota Yunani klasik, atau polis, Sudah diatur secara demokratis oleh warganya.) Raja-raja ini mempunyai pandangan kosmopolitan dunia, serta secara khusus tertarik buat mengumpulkan sebanyak boleh menjadi kekayaannya. Akibatnya, mereka bekerja keras buat mengembangkan hubungan komersial di seluruh dunia Helenistik. Mereka mengimpor gading, emas, eboni, mutiara, kapas, rempah-rempah serta gula (untuk obat-obatan) dari India; bulu serta besi dari Timur Jauh; anggur dari Syria serta Chios; papirus, linen serta kaca dari Alexandria; minyak zaitun dari Athena; kurma serta buah prem dari Babylon serta Damaskos; perak dari Spanyol; tembaga dari Siprus; serta timah dari utara sejauh Cornwall serta Brittany.
Mereka juga memperlihatkan kekayaan mereka di depan umum agar bisa dilihat semua orang, contohnya membangun istana yang rumit serta menugaskan seni, patung serta perhiasan mewah. Mereka membuat sumbangan besar buat museum, kebun binatang, mereka mensponsori perpustakaan (misalnya perpustakaan populer di Alexandria serta Pergamon), universitas. Universitas di Alexandria yaitu rumah bagi matematikawan Euclid, Apollonios serta Archimedes, bersama dengan penemu Ktesibios (jam air) serta Heron (model mesin uap).
Budaya Helenistik
Orang-orang serta barangnya, bergerak dengan terus menerus di sekitar kerajaan Helenistik. Hampir semua orang di bekas kekaisaran Alexandria berbicara serta membaca bahasa yang sama: koine, atau "lidah umum," sejenis bahasa sehari-hari Yunani. Koine yaitu kekuatan budaya pemersatu: Di mana pun seseorang berasal, ia dapat berkomunikasi dengan siapa pun di dunia Helenistik kosmopolitan ini.
Pada dikala yang sama, banyak orang merasa terasing di lanskap politik serta budaya baru ini. Dahulu kala, warga negara telah terlibat dengan sistem kerja negara-kota/polis yang demokrasi; sekarang, mereka tinggal di kekaisaran impersonal yang diatur oleh birokrat profesional. Dalam seni serta sastra Helenistik, keterasingan ini mengungkapkan dirinya dalam penolakan terhadap nilai kolektif serta penekanan pada individu. Misalnya, patung serta lukisan mewakili orang-orang yang selaku bentuk dewa atau "tipe" yang diidealkan. Pada dikala yang sama, banyak orang bergabung dengan "agama-agama misterius," seperti pemujaan dewi Isis serta Fortune, yang menjanjikan pengikut mereka keabadian serta kekayaan individu.
Para filsuf Helenistik juga mengubah fokus mereka ke dalam. Diogenes dari Sinope menjalani hidupnya selaku ekspresi protes terhadap komersialisme serta kosmopolitanisme. (Para politisi, katanya, yaitu "antek-antek massa"; teater yaitu "pertunjukan intip bagi orang bodoh.") Filsuf Epicurus berpendapat kalau hal yang paling penting dalam kehidupan yaitu mengejar kesenangan serta kebahagiaan individu. Dan kaum Stoic berpendapat kalau setiap manusia mempunyai percikan ilahi yang dapat dibudidayakan dengan menjalani kehidupan yang baik serta mulia.
Akhir zaman Helenistik
Dunia Helenistik jatuh ke tangan Roma secara bertahap, tetapi jaman itu berakhir secara definitif pada tahun 31 SM. Tahun itu terjadi pertempuran di Actium, Romawi Oktavianus mengalahkan armada Ptolemaic Marc Antony. Meskipun umurnya relatif pendek, namun, kehidupan budaya serta intelektual periode Helenistik Sudah mempengaruhi pembaca, penulis, seniman serta ilmuwan sejak itu.
sumber: History.com
Ekspansi Makedonia
Pada akhir periode Klasik, sekitar 360 SM, negara-kota Yunani itu lemah serta tidak teratur dari dua abad peperangan. (Pertama orang Athena bertempur dengan Persia; kemudian Spartan bertempur dengan orang Atena; kemudian Spartan serta orang Atena bertempur satu sama lain serta dengan Thebans serta Persia.) Semua pertempuran ini membuat polis-polis di Yunani lemah. Sampai nanti muncul polis yang sebelumnya tidak terduga naik ke tampuk kekuasaan Yunani: Makedonia, di bawah kekuasaan Raja Philip II yang tegas. Filipus serta orang-orang Makedonia mulai memperluas wilayah mereka ke luar. Mereka dibantu oleh sejumlah kemajuan dalam teknologi militer: ketapel jarak jauh, misalnya, bersama dengan tombak yang disebut sarissas yang panjangnya sekitar 16 kaki. Para jenderal Raja Philip juga memelopori penggunaan formasi infanteri masif serta mengintimidasi yang diketahui selaku phalanx.
phalanx
source: pinterest.com
Tujuan utama Raja Philip yaitu menaklukkan Persia serta membuat mereka sendiri ke dalam wilayah kekaisaran. dia dibunuh pada 336 SM sebelum dia bisa menikmati rampasan kemenangan selama ini akibat dari mengekspansi wilayah lainnya, tetapi putranya Alexander muncul serta mengambil kesempatan buat mengambil alih proyek kekaisaran ayahnya. Alexander The Great
source: flickr.com
Raja Makedonia yang baru memimpin pasukannya melintasi Hellespont ke Asia. (Ketika dia sampai di sana, dia memasukkan sarissa yang sangat besar ke tanah serta menyatakan tanah itu “tombak yang dimenangkan.”) Dari sana, Alexander serta pasukannya terus bergerak. Mereka menaklukkan bagian besar Asia Barat serta Mesir serta menekan ke Lembah Indus.Zaman Helenistik
Kekaisaran Alexander yaitu yang rapuh, tidak ditakdirkan buat bertahan lama. Setelah ia meninggal pada 323 SM, para jenderalnya (dikenal selaku Diadokhoi) membagi tanah yang ditaklukkannya di antara mereka sendiri. Segera, fragmen-fragmen dari kekaisaran Alexander agung atau biasa disebut Alexandria Sudah menjadi tiga dinasti yang kuat: Seleukia Suriah serta Persia, Ptolemaik Mesir, serta Antigonid dari Yunani serta Makedonia.
Meskipun dinasti-dinasti ini tidak bersatu secara politik - sejak kematian Aleksander, mereka tidak lagi menjadi bagian dari kekaisaran Yunani atau Makedonia - mereka memang mempunyai kesamaan yang sama. Kesamaan-persamaan inilah, “ke-Yunani-an” yang esensial dari bagian-bagian berbeda dari dunia Aleksandria – yang menurut para sejarawan merupakan Zaman Helenistik.
Negara-negara Helenis benar-benar diperintah oleh raja-raja. (Sebaliknya, negara-kota Yunani klasik, atau polis, Sudah diatur secara demokratis oleh warganya.) Raja-raja ini mempunyai pandangan kosmopolitan dunia, serta secara khusus tertarik buat mengumpulkan sebanyak boleh menjadi kekayaannya. Akibatnya, mereka bekerja keras buat mengembangkan hubungan komersial di seluruh dunia Helenistik. Mereka mengimpor gading, emas, eboni, mutiara, kapas, rempah-rempah serta gula (untuk obat-obatan) dari India; bulu serta besi dari Timur Jauh; anggur dari Syria serta Chios; papirus, linen serta kaca dari Alexandria; minyak zaitun dari Athena; kurma serta buah prem dari Babylon serta Damaskos; perak dari Spanyol; tembaga dari Siprus; serta timah dari utara sejauh Cornwall serta Brittany.
Mereka juga memperlihatkan kekayaan mereka di depan umum agar bisa dilihat semua orang, contohnya membangun istana yang rumit serta menugaskan seni, patung serta perhiasan mewah. Mereka membuat sumbangan besar buat museum, kebun binatang, mereka mensponsori perpustakaan (misalnya perpustakaan populer di Alexandria serta Pergamon), universitas. Universitas di Alexandria yaitu rumah bagi matematikawan Euclid, Apollonios serta Archimedes, bersama dengan penemu Ktesibios (jam air) serta Heron (model mesin uap).
Budaya Helenistik
Orang-orang serta barangnya, bergerak dengan terus menerus di sekitar kerajaan Helenistik. Hampir semua orang di bekas kekaisaran Alexandria berbicara serta membaca bahasa yang sama: koine, atau "lidah umum," sejenis bahasa sehari-hari Yunani. Koine yaitu kekuatan budaya pemersatu: Di mana pun seseorang berasal, ia dapat berkomunikasi dengan siapa pun di dunia Helenistik kosmopolitan ini.
Pada dikala yang sama, banyak orang merasa terasing di lanskap politik serta budaya baru ini. Dahulu kala, warga negara telah terlibat dengan sistem kerja negara-kota/polis yang demokrasi; sekarang, mereka tinggal di kekaisaran impersonal yang diatur oleh birokrat profesional. Dalam seni serta sastra Helenistik, keterasingan ini mengungkapkan dirinya dalam penolakan terhadap nilai kolektif serta penekanan pada individu. Misalnya, patung serta lukisan mewakili orang-orang yang selaku bentuk dewa atau "tipe" yang diidealkan. Pada dikala yang sama, banyak orang bergabung dengan "agama-agama misterius," seperti pemujaan dewi Isis serta Fortune, yang menjanjikan pengikut mereka keabadian serta kekayaan individu.
Para filsuf Helenistik juga mengubah fokus mereka ke dalam. Diogenes dari Sinope menjalani hidupnya selaku ekspresi protes terhadap komersialisme serta kosmopolitanisme. (Para politisi, katanya, yaitu "antek-antek massa"; teater yaitu "pertunjukan intip bagi orang bodoh.") Filsuf Epicurus berpendapat kalau hal yang paling penting dalam kehidupan yaitu mengejar kesenangan serta kebahagiaan individu. Dan kaum Stoic berpendapat kalau setiap manusia mempunyai percikan ilahi yang dapat dibudidayakan dengan menjalani kehidupan yang baik serta mulia.
Akhir zaman Helenistik
Dunia Helenistik jatuh ke tangan Roma secara bertahap, tetapi jaman itu berakhir secara definitif pada tahun 31 SM. Tahun itu terjadi pertempuran di Actium, Romawi Oktavianus mengalahkan armada Ptolemaic Marc Antony. Meskipun umurnya relatif pendek, namun, kehidupan budaya serta intelektual periode Helenistik Sudah mempengaruhi pembaca, penulis, seniman serta ilmuwan sejak itu.
sumber: History.com
loading...
Demikianlah Artikel Yunani Helenistik
Sekianlah artikel Yunani Helenistik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Yunani Helenistik dengan alamat link https://teknozupdate.blogspot.com/2019/10/yunani-helenistik.html
0 Response to "Yunani Helenistik"
Post a Comment