Judul : Mengapa Berlin Airlift Ialah Pemicu Besar Kesatu Perang Dingin?
link : Mengapa Berlin Airlift Ialah Pemicu Besar Kesatu Perang Dingin?
Mengapa Berlin Airlift Ialah Pemicu Besar Kesatu Perang Dingin?
Setelah Perang Dunia II berakhir, Apa yang perlu dilakukan dengan Jerman yang sudah dikalahkan serta dihancurkan? Jawaban tersebut ada Di Potsdam pada tahun 1945, Tiga Besar (Amerika Serikat, Inggris Raya serta Uni Soviet) setuju buat membagi Jerman ke dalam zona pendudukan, dengan Soviet mengambil bagian timur negara itu serta Amerika Serikat, Inggris Raya serta Perancis mengusai Barat. Ibukota Berlin, yang terletak jauh di dalam Jerman Timur, dibagi dengan cara yang sama.
Tiga tahun kemudian, dikala kedua belah pihak makin berselisih. Pada 24 Juni 1948, karna marah oleh reformasi mata uang yang diperkenalkan oleh Amerika Serikat serta Inggris ke dalam wilayah mereka, Soviet memblokir semua rute jalan, kereta api serta air ke sektor-sektor Berlin yang dikuasai Sekutu. Blokade memotong pasokan listrik, makanan, serta batubara kota, serta aksesnya ke dunia luar. Untuk itu Sekutu, datang memberikan bantuan Berlin Barat - sebuah pulau demokratis di tengah-tengah negara komunis.
Lebih dari 11 bulan, pilot Amerika serta Inggris mengangkut sekitar 2,3 juta ton persediaan ke Berlin Barat.
Menurut kesepakatan yang dibuat pada tahun 1945, Amerika Serikat serta Inggris masih mempunyai tiga koridor udara ke Berlin terbuka bagi mereka, sehingga mereka memutuskan buat mengangkut makanan, batu bara serta pasokan penting lainnya ke kota dari pangkalan udara militer Sekutu di Jerman barat. Pada tanggal 26 Juni, Amerika Serikat meluncurkan "Operasi Vittles;" Inggris mengikuti dua hari kemudian dengan "Operasi Plainfare."
Selama 11 bulan berikutnya, pilot Amerika serta Inggris mengangkut sekitar 2,3 juta ton pasokan ke Berlin Barat dengan total 277.500 penerbangan, yang bakal menjadi operasi bantuan udara terbesar dalam sejarah. Pada puncaknya, pada musim semi 1949, sebuah pesawat Sekutu mendarat di Bandara Tempelhof Berlin setiap 45 detik . Pesawat-pesawat itu membawa semuanya mulai dari barang-barang makanan serta obat-obatan hingga batu bara serta mesin, semuanya vital bagi kelangsungan hidup orang Berlin Barat yang lapar, takut serta masih terguncang dari luka-luka yang ditimbulkan selama Perang Dunia II. Salah satu pahlawan paling populer di udara, Pilot AS Gail S. Halvorsen, menjatuhkan bungkusan permen, permen karet serta permen lainnya buat anak-anak kota, mendapatkan julukan "Permen Bomber."
"Airlift yakni jalur hidup buat Berlin Barat," kata Hope Harrison, seorang profesor sejarah serta hubungan internasional di George Washington University yang sudah banyak menulis tentang Perang Dingin, Jerman serta Rusia.
Karung tepung, dikirim oleh AS, dibongkar di landasan selaku reaksi terhadap blokade Rusia di Berlin. (Kredit: Walter Sanders / The LIFE Picture Collection / Getty Images)
Amerika serta Inggris sangat mau mempertahankan kehadiran Barat di Berlin.
Meskipun baik orang Inggris maupun Amerika tidak mau berperang dengan Soviet, mereka sangat mau mempertahankan kehadiran Barat di Berlin. Sebagaimana Jenderal AS Lucius Clay, berkedudukan di Jerman, melaporkan ke Washington pada pertengahan Juni 1948: “Kami yakin kalau keberadaan kami di Berlin sangat penting bagi prestise kami di Jerman serta di Eropa. Apakah baik atau buruk, itu sudah menjadi simbol dari niat Amerika. "
Sekutu beralasan kalau Apabila Soviet menentang Berlin Airlift dengan kekuatan, mereka bakal bertindak agresif terhadap misi kemanusiaan serta melanggar perjanjian eksplisit(tindakan tidak etis). Meskipun Soviet memang melecehkan beberapa pesawat Sekutu selama pengangkutan, mereka tidak mengambil Tahap yang lebih agresif buat menentangnya, mereka tidak mau mengambil risiko perang habis-habisan dengan Barat. Meskipun Amerika Serikat berharap buat menyelesaikan krisis secara damai, pemerintahan Presiden Harry S. Truman mengirim bomber B-29 yang mampu membawa senjata nuklir ke Inggris selama pengangkutan udara, menunjukkan betapa panasnya situasi pada waktu itu.
"Ini yakni konflik terbesar dalam perkembangan Perang Dingin," kata Harrison. “Itu membuatnya situasi jelas terbelah - komunis di satu sisi, demokrat di sisi lain. Itu benar-benar terlihat jelas bagi orang Jerman." "Airlift juga meyakinkan Prancis merubah sikap, yang pada awalnya mengambil sikap lebih dendam terhadap rakyat Jerman setelah perang berakhir." "Dibutuhkan blokade Berlin buat membujuk Prancis, menjadikan Uni Soviet musuh baru bagi Prancis." Harrison menjelaskan. "bahwa Amerika Serikat, Inggris, serta Prancis mempunyai musuh yang lebih besar.'"
Stalin tidak menginginkan Berlin Airlift.
Pada 12 Mei 1949, Soviet mengakhiri blokade Berlin yang sudah dilakukan oleh Sekutu setelah 11 bulan, serta warga Berlin Barat mulai menyambut konvoi darat Inggris serta Amerika yang pertama. Beberapa minggu sebelumnya, Sekutu Barat sudah bertemu di Washington buat membentuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), serta dua minggu setelah blokade dicabut, Republik Federal Jerman (Jerman Barat) secara resmi didirikan. “ Stalin mendapat kebalikan dari apa yang dia inginkan,” kata Harrison. “Dia pada dasarnya, membuka blokade tersebut, mencoba menghentikan pembentukan negara Jerman Barat. Yah, dia malah mendapatkan hasil pembentukan negara Jerman Barat, serta aliansi militer Barat. ”
Di awal pengangkutan, dikala pesawat Inggris serta Amerika tengah berjuang buat membawa sejumlah kargo yang dibutuhkan ke Berlin Barat, Soviet menawarkan buat mencabut blokade Apabila Sekutu menarik Deutschmark baru dari kota. Tetapi Sekutu menolak, serta pada musim gugur 1948 sekitar 300.000 warga Berlin Barat berkumpul di Reichstag buat menunjukkan penentangan mereka terhadap dominasi Soviet, membantu meyakinkan Sekutu buat melanjutkan pengangkutan.
Pada musim semi berikutnya, sudah jelas kalau Berlin Airlift sudah menjadi sukses besar. Sementara itu, blokade belakang Sekutu yang menghentikan semua lalu lintas kereta api ke Jerman Timur dari zona AS serta Inggris sudah mengeringkan pasokan batubara serta baja di kawasan itu, menghambat perkembangan industrinya serta membuat Soviet khawatir bakal reaksi politik.
Sekelompok anak-anak Jerman berdiri di atas puing bangunan, bersorak-sorai pesawat kargo Amerika Serikat dikala terbang di atas bagian barat Berlin. (Kredit: Bettmann Archive / Getty Images)
Pada bulan Oktober 1949, Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) secara resmi diumumkan. Tiga tahun kemudian, rezim Soviet Stalin menutup perbatasan antara Jerman Timur serta Barat, meninggalkan Berlin selaku satu-satunya saluran bagi Jerman Timur yang mau melarikan diri dari komunisme. Antara tahun 1949 serta 1961, sekitar 2,5 juta dari mereka melarikan diri lewat Berlin Barat, hingga pada bulan Agustus 1961 pemerintah Jerman Timur mendirikan pagar kawat berduri yang bakal menjadi Tembok Berlin .
Krisis atas Berlin pada tahun 1948-49 sudah mengokohkan pembagian Eropa menjadi negara komunis serta anti-komunis, serta mengubah ibu kota Jerman, yang sebelumnya diidentifikasi dengan Nazisme serta Hitler, menjadi simbol era Perang Dingin serta kebebasan. Untuk warga Jerman Barat, Berlin Airlift bakal menanamkan rasa terima kasih abadi terhadap Amerika Serikat serta Inggris, musuh-musuh lama mereka selama PD I serta PD II, yang tidak membiarkan mereka ditelan ke dalam rezim komunis, serta sudah membantu mereka dikala mereka sangat membutuhkan bantuan.
“Anda membantu kami di dikala kami membutuhkan — kami bakal membantu Anda sekarang.”
Beberapa dekade kemudian, lama setelah Perang Dingin memudar ke dalam ingatan, efek jangka panjang dari Berlin Airlift tetap bertahan. “Begitu banyak orang Berlin dari generasi itu hingga hari ini mempunyai kaleng makanan atau susu bubuk yang mereka simpan selaku suvenir [dari kejadian tersebut],” kata Harrison. “Setelah serangan teroris 2001 di Amerika Serikat, kota Berlin mengeluarkan iklan satu halaman penuh di New York Times dengan gambar-gambar pengangkutan. Dikatakan 'Kamu membantu kami di dikala kami membutuhkan — kami bakal membantu Anda sekarang.' ”
Sumber: History.com
Tiga tahun kemudian, dikala kedua belah pihak makin berselisih. Pada 24 Juni 1948, karna marah oleh reformasi mata uang yang diperkenalkan oleh Amerika Serikat serta Inggris ke dalam wilayah mereka, Soviet memblokir semua rute jalan, kereta api serta air ke sektor-sektor Berlin yang dikuasai Sekutu. Blokade memotong pasokan listrik, makanan, serta batubara kota, serta aksesnya ke dunia luar. Untuk itu Sekutu, datang memberikan bantuan Berlin Barat - sebuah pulau demokratis di tengah-tengah negara komunis.
Lebih dari 11 bulan, pilot Amerika serta Inggris mengangkut sekitar 2,3 juta ton persediaan ke Berlin Barat.
Menurut kesepakatan yang dibuat pada tahun 1945, Amerika Serikat serta Inggris masih mempunyai tiga koridor udara ke Berlin terbuka bagi mereka, sehingga mereka memutuskan buat mengangkut makanan, batu bara serta pasokan penting lainnya ke kota dari pangkalan udara militer Sekutu di Jerman barat. Pada tanggal 26 Juni, Amerika Serikat meluncurkan "Operasi Vittles;" Inggris mengikuti dua hari kemudian dengan "Operasi Plainfare."
Selama 11 bulan berikutnya, pilot Amerika serta Inggris mengangkut sekitar 2,3 juta ton pasokan ke Berlin Barat dengan total 277.500 penerbangan, yang bakal menjadi operasi bantuan udara terbesar dalam sejarah. Pada puncaknya, pada musim semi 1949, sebuah pesawat Sekutu mendarat di Bandara Tempelhof Berlin setiap 45 detik . Pesawat-pesawat itu membawa semuanya mulai dari barang-barang makanan serta obat-obatan hingga batu bara serta mesin, semuanya vital bagi kelangsungan hidup orang Berlin Barat yang lapar, takut serta masih terguncang dari luka-luka yang ditimbulkan selama Perang Dunia II. Salah satu pahlawan paling populer di udara, Pilot AS Gail S. Halvorsen, menjatuhkan bungkusan permen, permen karet serta permen lainnya buat anak-anak kota, mendapatkan julukan "Permen Bomber."
"Airlift yakni jalur hidup buat Berlin Barat," kata Hope Harrison, seorang profesor sejarah serta hubungan internasional di George Washington University yang sudah banyak menulis tentang Perang Dingin, Jerman serta Rusia.
Karung tepung, dikirim oleh AS, dibongkar di landasan selaku reaksi terhadap blokade Rusia di Berlin. (Kredit: Walter Sanders / The LIFE Picture Collection / Getty Images)
Amerika serta Inggris sangat mau mempertahankan kehadiran Barat di Berlin.
Meskipun baik orang Inggris maupun Amerika tidak mau berperang dengan Soviet, mereka sangat mau mempertahankan kehadiran Barat di Berlin. Sebagaimana Jenderal AS Lucius Clay, berkedudukan di Jerman, melaporkan ke Washington pada pertengahan Juni 1948: “Kami yakin kalau keberadaan kami di Berlin sangat penting bagi prestise kami di Jerman serta di Eropa. Apakah baik atau buruk, itu sudah menjadi simbol dari niat Amerika. "
Sekutu beralasan kalau Apabila Soviet menentang Berlin Airlift dengan kekuatan, mereka bakal bertindak agresif terhadap misi kemanusiaan serta melanggar perjanjian eksplisit(tindakan tidak etis). Meskipun Soviet memang melecehkan beberapa pesawat Sekutu selama pengangkutan, mereka tidak mengambil Tahap yang lebih agresif buat menentangnya, mereka tidak mau mengambil risiko perang habis-habisan dengan Barat. Meskipun Amerika Serikat berharap buat menyelesaikan krisis secara damai, pemerintahan Presiden Harry S. Truman mengirim bomber B-29 yang mampu membawa senjata nuklir ke Inggris selama pengangkutan udara, menunjukkan betapa panasnya situasi pada waktu itu.
"Ini yakni konflik terbesar dalam perkembangan Perang Dingin," kata Harrison. “Itu membuatnya situasi jelas terbelah - komunis di satu sisi, demokrat di sisi lain. Itu benar-benar terlihat jelas bagi orang Jerman." "Airlift juga meyakinkan Prancis merubah sikap, yang pada awalnya mengambil sikap lebih dendam terhadap rakyat Jerman setelah perang berakhir." "Dibutuhkan blokade Berlin buat membujuk Prancis, menjadikan Uni Soviet musuh baru bagi Prancis." Harrison menjelaskan. "bahwa Amerika Serikat, Inggris, serta Prancis mempunyai musuh yang lebih besar.'"
Stalin tidak menginginkan Berlin Airlift.
Pada 12 Mei 1949, Soviet mengakhiri blokade Berlin yang sudah dilakukan oleh Sekutu setelah 11 bulan, serta warga Berlin Barat mulai menyambut konvoi darat Inggris serta Amerika yang pertama. Beberapa minggu sebelumnya, Sekutu Barat sudah bertemu di Washington buat membentuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), serta dua minggu setelah blokade dicabut, Republik Federal Jerman (Jerman Barat) secara resmi didirikan. “ Stalin mendapat kebalikan dari apa yang dia inginkan,” kata Harrison. “Dia pada dasarnya, membuka blokade tersebut, mencoba menghentikan pembentukan negara Jerman Barat. Yah, dia malah mendapatkan hasil pembentukan negara Jerman Barat, serta aliansi militer Barat. ”
Di awal pengangkutan, dikala pesawat Inggris serta Amerika tengah berjuang buat membawa sejumlah kargo yang dibutuhkan ke Berlin Barat, Soviet menawarkan buat mencabut blokade Apabila Sekutu menarik Deutschmark baru dari kota. Tetapi Sekutu menolak, serta pada musim gugur 1948 sekitar 300.000 warga Berlin Barat berkumpul di Reichstag buat menunjukkan penentangan mereka terhadap dominasi Soviet, membantu meyakinkan Sekutu buat melanjutkan pengangkutan.
Pada musim semi berikutnya, sudah jelas kalau Berlin Airlift sudah menjadi sukses besar. Sementara itu, blokade belakang Sekutu yang menghentikan semua lalu lintas kereta api ke Jerman Timur dari zona AS serta Inggris sudah mengeringkan pasokan batubara serta baja di kawasan itu, menghambat perkembangan industrinya serta membuat Soviet khawatir bakal reaksi politik.
Sekelompok anak-anak Jerman berdiri di atas puing bangunan, bersorak-sorai pesawat kargo Amerika Serikat dikala terbang di atas bagian barat Berlin. (Kredit: Bettmann Archive / Getty Images)
Pada bulan Oktober 1949, Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) secara resmi diumumkan. Tiga tahun kemudian, rezim Soviet Stalin menutup perbatasan antara Jerman Timur serta Barat, meninggalkan Berlin selaku satu-satunya saluran bagi Jerman Timur yang mau melarikan diri dari komunisme. Antara tahun 1949 serta 1961, sekitar 2,5 juta dari mereka melarikan diri lewat Berlin Barat, hingga pada bulan Agustus 1961 pemerintah Jerman Timur mendirikan pagar kawat berduri yang bakal menjadi Tembok Berlin .
Krisis atas Berlin pada tahun 1948-49 sudah mengokohkan pembagian Eropa menjadi negara komunis serta anti-komunis, serta mengubah ibu kota Jerman, yang sebelumnya diidentifikasi dengan Nazisme serta Hitler, menjadi simbol era Perang Dingin serta kebebasan. Untuk warga Jerman Barat, Berlin Airlift bakal menanamkan rasa terima kasih abadi terhadap Amerika Serikat serta Inggris, musuh-musuh lama mereka selama PD I serta PD II, yang tidak membiarkan mereka ditelan ke dalam rezim komunis, serta sudah membantu mereka dikala mereka sangat membutuhkan bantuan.
“Anda membantu kami di dikala kami membutuhkan — kami bakal membantu Anda sekarang.”
Beberapa dekade kemudian, lama setelah Perang Dingin memudar ke dalam ingatan, efek jangka panjang dari Berlin Airlift tetap bertahan. “Begitu banyak orang Berlin dari generasi itu hingga hari ini mempunyai kaleng makanan atau susu bubuk yang mereka simpan selaku suvenir [dari kejadian tersebut],” kata Harrison. “Setelah serangan teroris 2001 di Amerika Serikat, kota Berlin mengeluarkan iklan satu halaman penuh di New York Times dengan gambar-gambar pengangkutan. Dikatakan 'Kamu membantu kami di dikala kami membutuhkan — kami bakal membantu Anda sekarang.' ”
Sumber: History.com
loading...
Demikianlah Artikel Mengapa Berlin Airlift Ialah Pemicu Besar Kesatu Perang Dingin?
Sekianlah artikel Mengapa Berlin Airlift Ialah Pemicu Besar Kesatu Perang Dingin? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Mengapa Berlin Airlift Ialah Pemicu Besar Kesatu Perang Dingin? dengan alamat link https://teknozupdate.blogspot.com/2019/10/mengapa-berlin-airlift-ialah-pemicu.html
0 Response to "Mengapa Berlin Airlift Ialah Pemicu Besar Kesatu Perang Dingin?"
Post a Comment